Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Memori Penuh di Android

Cara mengatasi memori penuh, Apa teman-teman memiliki masalah memori penuh pada handphonenya khususnya memori internal penuh, dan sudah mendapatkan notifikasi pemberitahuan penyimpanan penuh. Sudah oprek kesana kemari cari tau bagaimana cara mengatasi memori internal penuh tetapi masih saja tidak ada perubahan.

Memori hp penuh memang sangat mengangu kita terutama pada saat kalian mendownload aplikasi, merekam video, download lagu dan yang paling nyebelin kinerja hp kita menurun. Dengan cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis dengan tepat akan menyelesaikan masalah itu semua.
File sampah dan berkas yang tidak berguna akan terus menggunung di penyimpanan hp kita kalau tidak di hapus secara berkala. Apabila hal ini di biarkan saja akan membuat kinerja android berjalan dengan lambat dan berat.

Apakah kalian paham apa itu cache? Cache adalah data yang disimpan secara otomatis setelah penggunaan sebuat aplikasi atau software. Dan cache itu sendiri memerlukan ruang penyimpanan tersendiri, dan menjadi sebuah file sampah yang tak berguna, maka leih baiknya kalian hapus file cache tersebut.

Sebenarnya hp kita terlalu banyak menyimpan file yang tidak penting yang seharusnya dihapus dari handphone kita. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah memori yang penuh di handphone kita. Apa seharusnya reset ulang ke setelan pabrik? Saya sarankan jangan, karena kalian akan kehilangan file penting, kalian cukup melakukan beberapa hal dibawah ini.

Sering sekali permasalah yang muncul pada penyimpanan hp android:

1. cara mengatasi memori penuh samsung j2 prime.
2. cara mengatasi memori penuh di hp oppo.
3. memori internal penuh padahal masih kosong.

Inilah Cara Mengatasi Memori Internal Cepat Penuh.


1. Menghapus cache di seluruh aplikasi.

Cara ini merupakan menghapus berkas – berkas sampah akibat penggunaan aplikasi tersebut, yang mengakibatkan apalikasi memakan lebih memori internal kita.

Simak cara membersihkan cache di bawah ini:

  1. kita buka pengaturan di hp kita.
  2. Gulir ke bawah dan cari kelola aplikasi atau manager aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang akan di hapus cachenya, saya sarankan hapus cache aplikasi satu per satu.
  4. Setelah memilih aplikasinya buka penyimpanan dan klik cache, prsoses ini akan otomatis menghapus cache setelah di klik.

Cara Mengatasi Memori Penuh atau Memori Internal Penuh

2. Menghapus Data Sampah di HP

Disi kita akan menghapus file sampah yang ada di dalam penyimpanan internal kita, kenapa file sampah bisa ada di hp kita? Penyebabnya adalah karena hp kita sering kita gunakan untuk browsing, download, dan lainnya.

Dalam browsing maupun download kalian harus hati, jika kalian mendownload aplikasi di luar PlayStore. Karena siapa tau saat anda browsing atau download android kalian kemasukan virus dan menyerang, maka dari itu kalian juga pasang ativirus. Ada banyak sekali antivirus di playstore yang bisa kalian pasang.

Cara Menghapus Sampah Sampah di HP:

  1. Buka pengaturan handphone kalian.
  2. Cari menu penyimpanan dan klik.
    cara mengatasi memori internal penuh
  3. Kemudian klik menu data dalam cache atau data dalam penyimpanan.


3. Menghapus file sampah di HP

Ternyata ada banyak sekali file – file yang sudah tidak berguna di penyimpanan internal kita, atau malah sama sekali tidak ada fungsinya. Sebelum anda menghapus file tersebut alangkah baiknya kalian cek terlebih dahulu apakah masih di perlukan atau tidak, disi saya contohkan di folder whatsapp.

Apakah menghapus cache whatsapp akan menghilangkan chat? Jawabannya, tentu saja tidak akan menghilangkan chat, chat anda akan tetap aman. Beda halnya dengan menghapus data aplikasi. Efek hapus data aplikasi adalah selurh data dari penggunaan sehari – hari akan hilang, tak terkecuali dengan whatsapp, anda akan kehilangan chat kalian apabila kalian tidak melakukan back up data.

Cara menghapus file sampah di hp:

  1. Silahkan kalian buka file manager kalian.
  2. Cari folder whatsapp atau folder yang lain.
    cara mengatasi memori internal penuh
  3. Setelah ketemu, kalian klik dan cari file media.
    cara mengatasi memori internal penuh
  4. Cari file yang sudah tidak berguna, saya contohkan disini file sticker.

Setelah kalian seleksi beberapa file yang tidak berguna di whatsapp, kalian cari lagi file yang lain di luar whatsapp yang sudah expired heee.

4. Non Aktifkan Download Otomatis WA

Apabila kalian mempunyai banyak group whtsapp pasti kalian serng menemui banyak orang – orang mengirimkan foto, video, stiker, maupun dokumen lainnya, dengan di aktifkannya unduhan secara otomatis maka memori internal kalian akan menambah memori terpakai pada hp.

Cara menonaktifkan download otomatis di whatsapp:

  1. Buka aplikasi whatsapp kalian dan pergi ke profil.
  2. Pergi ke pengaturan.
    cara mengatasi memori internal penuh
  3. Kalian klik Data dan Penyimpanan.
    cara mengatasi memori internal penuh
  4. Cari menu Unduh Otomatis Media, hapus semua ceklis seperti gambar di bawah.
    cara mengatasi memori internal penuh

5. Hapus Aplikasi Hasil Download

Ketika anda mengunduh berkas file aplikasi di luar playstore akan secara otomatis tersimpan di file download, silahkan kalian cek folder download kalian dan hapuslah file yang sudah terinstall.

Aplikasi yang jarang di pakai juga saya sarankan di hapus, memang ada aplikasi bawan hp yang tidak bisa di uninstall secara manual. Cara meghapus aplikasi bawaan hp memang tidak bisa di hapus secara manual, kalian membutuhkan trik khusus. Baca cara menghapus aplikasi bawaan hp DISINI.

6. Hapus Berkas Thumbnails

Di folder ini biasanya ada banyak sekali file seperti foto yang sudah lama sekali, yang mungkin di galeri kalian sudah tidak ada file tersebut. Lebih baiknya kalian hapus, untuk menghapus file thumbnails tersebut ikuti cara ini.

Cara Menghapus Berkas Thumbnails

  1. Buka penyimpanan internal kalian atau file manager.
  2. Cari file DCIM.
  3. Pilih file thumbnails dan hapus berkas – berkas tersebut.

7. Menghapus Data Aplikasi

Hapuslah data yang ada di aplikasi, data di apalikasi muncul karena penggunaan aplikasi itu sendiri, apabila aplikasi tidak kita jalankan maka aplikasi tersebut tidak ada data sama sekali. Efek dari penghapusan data ini adalah aplikasi akan seperti baru lagi kalian akan kehilangan data yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Cara menghapus data aplikasi:

  1. Buka pengaturan kalian.
  2. Gulir dan cari Aplikasi atau Manager Aplikasi
  3. Kemudian pilih aplikasi yang akan kalian hapus
  4. Setelah kalian pilih apalikasinya, klik penyimpanan dan Hapus Data.

8. Memindahkan penyimpanan video, music dan aplikasi ke SD CARD.

  1. Kita masuk ke pengaturan.
  2. kemudian pilih aplikasi.
  3. Pilih apalikasi yang akan kita pindahkan.
  4. Sebagai contoh kita pilih aplikasi Anti Virus kemudian pilih penyimpanan. kemudian disini kalian langsung klik ganti kita pilih kartu SD card.

Itulah cara memindahkan aplikasi ke SD Card, tidak semua aplikasi dapat di pindahkan ke SD Card, yaitu aplikasi bawaan handphone. Untuk memindahkan video, foto, dan musik tidak perlu saya contohkan, kalian tentunya sudah paham bagaiman cara memindahkan file tersebut ke SD CARD.

9. Gunakan cloud storage

Cloud storage adalah media online yang di gunakan untuk menyimpan file. Manfaat cloud storage adalah media dapat di akses kapan saja dan di mana saja, entah itu computer atau media lainnya.
Baca Lengkapya
Tentang Cloud Storage

10. Hapus Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang paling banyak memakan memori internal adalah game android, bila aplikasi sudah tidak anda dibutuhkan terutama game sebaiknya segera dihapus. Ada pertanyaan aplikasi bawaan hp kan tidak bisa di hapus mas? Tenang, untuk menghapus aplikasi bawaan hp bisa klik DISINI.

Cara menghapus aplikasi

  1. Buka Pengaturan.
  2. Lalu pilih Setelan dan cari Manajemen Aplikasi.
  3. Kemudian cari aplikasi yang akan kalian hapus.
  4. Setelah itu klik dan Hapus Instalasi.

11. Import File Ke Google Drive

Kebanyakan orang menggunakan handphone dari pada PC, jad di sini saya akan contohkan bagaiman cara import file ke Google Drive, sebetulnya ada banyak cara upload file ke Google Drive, disini kita pake cara yang umum saja.

Cara Import File ke Google Drive

  1. Yang pertama buka aplikasi google drive kalian.
  2. Setelah kalian buka klik icon+
  3. Setelah itu kalian pilih upload.
  4. Carilah file – file yang akan kalian pindahkan.

Dengan cara ini kalian dapat menyimpan file tanpa perlu menggunakan flasdisk, tetapi ingat google drive juga limit, gunakan untuk file yang penting saja, atau juga bisa kalian siasati dengan menggunakan akun gmail yang lain.

12. Reset Handphone

Saya yakin dengan cara – cara di atas seharusnya kalian sudah melenggangkan memori internal kalian, tetapi cara yang terakhir ini tetap akan saya bagikan namun saya tidak menyarankan kalian menggunakan cara ini. Cara ini memang sangat ampuh untuk mengatasi memori internal dan RAM yang penuh.

Namun akibat dari reset handphone, kalian akan kehilangan semua data yang ada di hp kalian. Alangkah baiknya sebelum reset handphone, kalian backup semua data yang penting.

Cara reset hanphone:

  1. Buka Pengaturan hp kalian.
  2. Cari Setelan Tambahan pada Setelan System.
  3. Scroll kebawah dan cari Cadangkan & Setel Ulang.
  4. Sroll lagi, cari Kembalikan ke setelan pabrik

Dengan menggunakan tutorial cara mengatasi memori internal penuh yang saya jelaskan tadi terbukti berhasil bahwa penyimpanan internal di hp saya sudah berkurang atau tidak full lagi, karena cara tersebut sudah saya buktikan sendiri. Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi semua.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Memori Penuh di Android"